THE IMPLEMENTATION OF DIFFERENTIATED INSTRUCTION IN ENGLISH CLASSROOM ACTIVITIES AT SMKN 1 SUKASADA

Rasmadiani, Putu Edina Prassista (2023) THE IMPLEMENTATION OF DIFFERENTIATED INSTRUCTION IN ENGLISH CLASSROOM ACTIVITIES AT SMKN 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021013-COVER.pdf

Download (551kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021013-ABSTRAK.pdf

Download (402kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021013-LAMPIRAN.pdf

Download (610kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati bagaimana guru menerapkan diferesiasi dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran diferensiasi diterapkan di SMKN 1 Sukasada dikarenakan Indonesia telah menerapkan Kurikulum merdeka. Pembelajaran diferensiasi merupakan jenis pendekatan pembelajaran yang berfokus pada tiga hal yaitu isi, proses, dan produk atau hasil dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengamati bagaimana minat siswa dalam belajar Ketika pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan oleh guru. Minat siswa dalam belajar merupakan suatu hal yang penting yang harus diperhatikan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian campuran. Yang dimana metode penelitian campuran merupakan jenis penelitian yang mencampurkan dua pendekatan yang berbeda, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Jenis metode penelitian campuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif yang berurutan, yaitu Ketika data kualitatif lebih banyak dan lebih dalam dijabarkan dalampenelitian, dan kemudian hasilnya didukung oleh hasil yang didapatkan dari data kuantitatif. Dengan demikian dapat diartikan juga, bahwa data kuantitaif ada untuk mendukung data kualitatif dalam penelitian. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh dengan panduan wawancara, dan daftar periksa observasi untuk menjawab pertanyaan penelitian mengenai bagaimana penerapan pembelajaran diferensiasi diterapkan oleh guru di SMKN 1 Sukasada. Dan data kuantitatif penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket yang digunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana minat siswa dalam belajar Ketika pembelajaran diferensiasi diterapkan oleh guru di kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi telah diterapkan oleh guru dengan mempertimbangkan tiga hal penting, itu isi, proses, dan prduk. Dari segi isi, guru memberikan materi pembelajaran kepada siswa, dimana guru membiarkan siswa belajar dengan cara yang mereka inginkan. Dari segi proses, guru memberikan pertanyaan yang harus dijawab secara individu oleh siswa, lalunantinya mereka bekerja dalam grup secara fleksibel. Dai segi produk, guru memberikan kesempatan para murid untuk mengumpulkan tugas mereka dalam bentuk yang mereka inginkan, entah itu dalam bentuk video, rekaman suara, maupun komik. Dan dari data angket minat belajar siswa menunjukan bahwa minat belajar siswa dari total 70 murid dari gabungan 2 kelas yaitu X perhotelan 3 dan X perhotelan 4, menunjukan hasil rerata yaitu 80.24 yang dimana hasil tersebut termasuk kedalam kriteria tinggi. Hal ini mendukung fakta bahwa minat belajar siswa saling berhubungan dengan pembelajaran berdiferensiasi, dimana minat belajar siswa merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran Berpusat pada Siswa, Sekolah Menengah Kejuruan, Minat Siswa dalam Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Edina Prassista Rasmadiani
Date Deposited: 22 Feb 2023 14:28
Last Modified: 22 Feb 2023 14:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14574

Actions (login required)

View Item View Item