DEVELOPING A TBLT-BASED DIGITAL STORYBOOK TO PROMOTE 10TH-GRADE STUDENTS’ LITERACY IN BULELENG REGENCY

Sari, Gusti Ayu Kadde Puspita (2023) DEVELOPING A TBLT-BASED DIGITAL STORYBOOK TO PROMOTE 10TH-GRADE STUDENTS’ LITERACY IN BULELENG REGENCY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021082-COVER.pdf

Download (648kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021082-ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021082-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021082-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021082-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021082-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021082-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021082-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021082-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengajaran bahasa berbasis tugas banyak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran tetapi tidak didukung oleh tugas-tugas yang bermakna dengan tahapan yang sesuai dalam memfasilitasi kegiatan literasi. Diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk memfasilitasi kegiatan literasi siswa berdasarkan tugas-tugas bermakna di TBLT. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita digital berbasis TBLT untuk mendorong literasi siswa kelas 10 dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Sawan. Kajian pengembangan ini menggunakan model Design and Development yang diusung oleh Richey dan Klein (2014) sebagai dasar metodologi dalam pengembangannya. Perancangan ini dapat diartikan sebagai suatu kajian dalam menganalisis, merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi, yang dilakukan secara sistematis. Kualitas produk buku cerita digital berbasis TBLT dinilai media yang sangat baik oleh dua ahli, dan valid untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Ini digunakan oleh sebagian kecil siswa kelas 10 untuk mempromosikan kegiatan literasi sebagai penilaian formatif dan mendapatkan respon yang baik dari guru dan siswa. Didapatkan bahwa buku cerita digital berbasis TBLT membantu guru dalam menentukan inovasi media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Siswa didorong untuk menyelesaikan tugas yang bermakna karena berkaitan dengan aktivitas dunia nyata mereka. Penerapan buku cerita digital berbasis TBLT secara menarik memfasilitasi kegiatan literasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas, Buku Cerita Digital, Literasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Gst. Ayu Kadde Puspita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2023 14:44
Last Modified: 22 Feb 2023 14:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14589

Actions (login required)

View Item View Item