DEVELOPING DIGITAL-BASED DESCRIPTIVE WRITING SUPPLEMENTARY MATERIALS USING CANVA DESIGN FOR GRADE 7 SMP NEGERI 1 PAYANGAN

Putri, Ni Made Wilhel Mina (2023) DEVELOPING DIGITAL-BASED DESCRIPTIVE WRITING SUPPLEMENTARY MATERIALS USING CANVA DESIGN FOR GRADE 7 SMP NEGERI 1 PAYANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021230-COVER.pdf

Download (546kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021230-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021230-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021230-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021230-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021230-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021230-BAB 5 PENUTUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021230-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021230-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siswa merasa tentang sulitnya pendidikan bahasa Inggris menyebabkan penurunan motivasi karena materi yang diberikan kurang menarik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kurikulum menulis digital yang mempromosikan penulisan deskriptif untuk siswa kelas tujuh di SMP Negeri 1 Payangan. Penelitian ini mengikuti metodologi Design and Development (D & D) yang terdiri dari tiga langkah, yaitu desain, pengembangan, dan evaluasi. SMP Negeri 1 Payangan, salah satu sekolah negeri di Kabupaten Gianyar, menyediakan tiga puluh empat peserta, yang terdiri dari tiga puluh dua siswa dan dua instruktur bahasa Inggris. Dengan menggunakan catatan penelitian, cetak biru, lembar evaluasi ahli konten, dan lembar evaluasi ahli media, penyempurnaan materi digital dibuat. Analisis literatur, evaluasi dokumen terkait, penilaian profesional para peneliti, dan kuesioner pengalaman pengguna menyediakan data untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini disusun dengan menggunakan analisis data metode campuran, yang menggabungkan teknik kualitatif dan kuantitatif. Sebagai solusi untuk masalah cara menghasilkan produk, disarankan agar pengguna memanfaatkan Canva untuk mendapatkan pendekatan penulisan yang baru. Dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), validitas konten dianalisis dengan UEQ dengan skor daya tarik 2,30 (sangat baik), skor ketekunan 2,00 (baik), skor efisiensi 2,15 (sangat baik), skor efisiensi 2,30 (sangat baik), skor ketagihan 2,30 (sangat baik), skor stimulasi 2,35 (sangat baik), dan skor kebaruan 2,15 (sangat baik). Oleh karena itu, produk yang dihasilkan tidak memerlukan modifikasi dan memenuhi kriteria sebagai sumber belajar tambahan. Penelitian ini akan bermanfaat bagi sekolah, guru, dan siswa karena dapat memberikan ide baru dalam mengembangkan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Dnd, Materi tambahan menulis deskriptif, Canva, UEQ
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Made Wilhel Mina Putri
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:10
Last Modified: 23 Feb 2023 06:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14667

Actions (login required)

View Item View Item