Setiawati, Dewa Ayu Oka (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1823011001 - COVER.pdf Download (379kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1823011001 - ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011001 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011001 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011001 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASILDAN PEMBAHASAN)
1823011001 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011001 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011001 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1823011001 - LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan STEM berbantuan scratch yang valid, praktis dan efektif serta memiliki karakteristik tertentu untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan terdiri dari tiga fase yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assesment. Subjek penelitian ini adalah ahli, guru, dan siswa kelas IX SMP N 1 Blahbatuh tahun ajaran 2022/2023. Proses uji coba pada penelitian ini hanya sampai uji coba terbatas. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket validitas ahli, angket respon guru, angket respon siswa, dan angket motivasi belajar. Adapun instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu untuk mengukur validitas modul digunakan lembar validasi, untuk mengukur kepraktisan modul digunakan angket respon guru dan siswa, sedangkan untuk mengukur keefektifan modul digunakan angket motivasi belajar matematika siswa. Hasil uji validitas, kepraktisan dan keefektifan dalam uji coba terbatas menunjukkan modul pembelajaran yang dikembangkan masuk kategori valid, praktis dan efektif. Karakteristik dari modul pembelajaran transformasi geometri yang dikembangkan yaitu (1) Memberikan kesempatan maksimal kepada siswa untuk mengkonstruksi konsep transformasi geometri (2) Memotivasi siswa melalui eksplorasi transformasi geometri dengan scratch. (3) Memaksimalkan STEM melalui permasalahan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran Transformasi Geometri, Pendekatan STEM, Scratch, Motivasi Belajar Matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Dewa Ayu Oka Setiawati |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 01:34 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 01:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14697 |
Actions (login required)
View Item |