Candra Paputungan, Munirja (2023) ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (STUDI PADA PENGADILAN AGAMA SINGARAJA). Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2129131019-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129131019-ABSTRAK.pdf Download (890kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129131019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129131019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129131019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129131019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129131019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129131019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129131019-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) faktor pendukung penerapan PTSP, (2) implementasi sistem manajemen PTSP dan (3) sistem manajemen PTSP di Pengadilan Agama Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara terhadap beberapa informan diantaranya adalah kepala bidang pelayanan, beberapa pelaksana pelayanan dan masyarakat sebagai pengguna pelayanan PTSP. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi sistem manajemen PTSP di Pengadilan Agama Singaraja adalah tercapainya pelayanan prima dan pelayanan sederhana dan cepat. Kedua, faktor pendukung dalam pelaksanaan PTSP adalah sarana dan prasarana, adanya inovasi dalam mendukung berjalannya PTSP. Ketiga, sistem manajemen PTSP di Pengadilan Agama Singaraja diantaranya adalah perencanaan kinerja penerapan beberapa tindakan yang harus dilakukan yaitu front office yang menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, santun) serta pelayanan yang ramah kepada difabel seperti penyediaan tracking guide, pembinaan kinerja dengan melakukan pelatihan service excellent dimana kegiatan tersebut ditujukan dalam rangka sosialisasi penerapan budaya pelayanan prima pada Pengadilan Agama Singaraja. Pelaksanaan pemantauan kinerja dengan melihat absensi para pekerja. Penilaian kinerja dilakukan dengan mekanisme survei yang dilakukan kepada masyarakat dimana survei tersebut bertujuan untuk mengukur sejauh mana pelayanan dilakukan dan mampu memberikan kepuasan terhadap masyarakat. Implikasi ke depan dalam penelitian ini diharapkan Pengadilan Agama Singaraja mampu menjaga keberlanjutan inovasi dan pelatihan yang dilakukan serta dapat meningkatkan indikator penilaian pelayanan yang masih belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kualitas Pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2) |
Depositing User: | Munirja Candra Paputungan |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 08:25 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 08:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14702 |
Actions (login required)
View Item |