PENGEMBANGAN SMART JURY BERBASIS INTERNET OF THING (IOT) DALAM KEGIATAN OLAHRAGA RENANG DI KABUPATEN BULELENG

AGUS MAS SUPRIADI, GEDE (2023) PENGEMBANGAN SMART JURY BERBASIS INTERNET OF THING (IOT) DALAM KEGIATAN OLAHRAGA RENANG DI KABUPATEN BULELENG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1515051028_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051028_ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051028_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051028_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051028_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051028_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051028_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051028_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051028_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diera digitalisasi banyak yang menggunakan teknologi dalam melaksanakan kegiatan. Dalam dunia olahraga masih ada yang belum menggunakan teknologi. Salah satu olahraga yang belum menggunakan teknologi yaitu renang. Dalam olahraga renang yang sering dilihat masih menggunakan stopwatch. Dalam olahraga renang masih banyak menggunakan tenaga manusia atau juri untuk menekan tombol stopwatch. Dimana dalam penekanan tombol stopwatch tentu masih bisa terjadi kecurangan atau human error. Maka dengan itu, peneliti perlu mengembangkan alat untuk mengukur waktu dengan menggunakan Internet of Thing. Nama alat yang dikembangkan yaitu Smart Jury berbasis Internet of Thing. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah metode research and Development (R&D). langkah-langkah metode (R&D) ialah Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi pakar, revisi produk, Uji coba produk skala terbatas, revisi produk, uji coba produk skala luas, revisi produk dan produk final. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan smart jury berbasis Internet of Thing yang diantara lainnya ialah uji ahli isi hasil 100% masuk kategori sangat valid dan uji ahli media hasil referentasi 100% masuk kategori sangat valid. Uji responden jumlah skala kecil 15 orang dengan hasil 80% masuk kategori sangat valid dan uji responden jumlah skala besar 30 orang dengan hasil 80% masuk kategori sangat valid. Kata kunci: Internet of thing (IOT), Olahraga Renang, Sistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Internet of thing (IOT), Olahraga Renang, Sistem
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Gede Agus Mas Supriadi
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:56
Last Modified: 24 Feb 2023 08:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14716

Actions (login required)

View Item View Item