PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH ASESMEN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING

Windhu, I Putu Tresna (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH ASESMEN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051013-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051013-ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051013-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran sangat diperlukan untuk proses pembelajaran. Adapun beberapa permasalahan yang ditemukan sehingga perlu dikembangkannya multimedia pembelajaran interaktif pada mata kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran diantaranya : 1) Pembelajaran Asesmen dan Evaluasi pembelajaran masih berfokus pada teori atau konsep, 2) masih menggunakan powerpoint dalam penyapaian materi, 3) belum bervariasinya penggunaan media pembelajaran sehingga berpengaruh kepada motivasi belajar siswa, 4) masih jarangnya pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada mata kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implentation, dan evaluation. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah untuk kevalidan yang didapatkan dari uji ahli isi dan media-desain mendapatkan nilai rata-rata sebesar 1,00 yang termasuk kategori “sangat baik”. Untuk uji efektivitas mendapatkan hasil dari perhitungan dengan rumus N-Gain sebesar 0,72 yang dikategorikan “Efektif”. Hasil uji pengalaman peserta didik dalam menggunakan multimedia pembelajaran interaktif melalui User Experience Questionnaire (UEQ) adalah tingkat daya tarik (attractiveness) dan stimulasi (stimulation) berada pada level Excellent sedangkan untuk kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), ketepatan (dependability), dan kebaruan (novelty) berada pada level good. Sedangkan untuk uji pengalaman pendidik dalam menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dari hasil perbandingan bancmark UEQ mendapatkan hasil yaitu tingkat daya tarik (attractiveness), stimulasi (stimulation), kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), dan ketepatan (dependability) berada pada level excellent sedangkan untuk kebaruan (novelty) berada pada level good.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Multimedia Interaktif, Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Putu Tresna Windhu
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:20
Last Modified: 24 Feb 2023 07:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14801

Actions (login required)

View Item View Item