Mahendra, Wayan Agus Aditya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KELAS X DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051026-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051026-ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051026-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengimplementasikan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X di SMK Negeri 1 Sukasada, serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X di SMK Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran yang dirancang dikembangkan dengan menggunakan Adobe Captivate. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X dengan mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa dan seorang guru pengampu pelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument validasi antara lain, angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar/lapangan, serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian untuk uji kevalidan media pembelajaran interaktif melalui uji validasi ahli isi dan uji validasi ahli media dan desain yang memperoleh nilai rata-rata 1.00 yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Untuk uji keefektifan dalam menggunakan media pembelajaran interaktif ini dihitung dengan menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh nilai sebesar 0,8 yang termasuk dalam kriteria efektif. Untuk hasil rata-rata respons guru dan peserta didik guna mendapatkan kepraktisan media pembelajaran interaktif adalah sebesar 47 dan 68,5 yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Kelas X di SMK Negeri 1 Sukasada telah memenuhi kriteria kualitas suatu produk yaitu kevalidan (sangat valid), keefektifan (efektif), dan kepraktisan (sangat praktis).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual, Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Wayan Agus Aditya Mahendra |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 07:22 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14806 |
Actions (login required)
View Item |