PENGEMBANGAN MASALAH MATEMATIKA AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN IKRAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 UBUD

Suastini, Ni Made (2020) PENGEMBANGAN MASALAH MATEMATIKA AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN IKRAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 UBUD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723011021-COVER.pdf

Download (289kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723011021-ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723011021-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan masalah matematika autentik yang memuat informasi nyata, didukung oleh bukti-bukti yang mendekati original (asli) dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelidiki, membangun konsep, dan penalaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan masalah yaitu model pembelajaran IKRAR (Inisiasi, Konstruksi-Rekonstruksi, Aplikasi, dan Refleksi). Model pembelajaran IKRAR adalah model pembelajaran konstruktivis yang cenderung pada pemecahan masalah matematika sesuai kondisi siswa dalam konteks Indonesia dengan pertanyaan-pertanyaan efektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Ubud. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Based Research yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: a) identifikasi dan analisis masalah, b) perencanaan , c) siklus berulang, d) refleksi. Penelitian ini menguji masalah matematika autentik yang dikembangkan dan divalidasi oleh ahli. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terkait karakteristik masalah matematika autentik dan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa: 1) masalah matematika autentik pada pembelajaran IKRAR memenuhi kriteria valid dan praktis, 2) masalah matematika autentik pada pembelajaran IKRAR juga memenuhi kriteria efektif karena mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dengan rata-rata skor tes secara klasikal sebelum pelaksanaan penelitian sebesar 60,36 mengalami peningkatan menjadi 76,46, 3) karakteristik masalah matematika autentik yang dikembangkan pada pembelajaran IKRAR berbasis permasalahan nyata, dapat mengukur kemampuan berpikir kritis, mendorong siswa untuk tertarik menentukan solusi, melatih siswa berpikir divergen, tidak menggunakan kata - kata yang bersifat pengandaian atau karangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan masalah, masalah matematika, autentik, berpikir kritis, Design Based Research
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Made Suastini
Date Deposited: 26 Feb 2020 08:55
Last Modified: 26 Feb 2020 08:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item