Juliada, I Putu Yuda Ari (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori Kognitif Untuk Siswa Tunarungu Kelas VIII Pada Materi Pecahan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011025-COVER.pdf Download (961kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011025-ABSTRAK.pdf Download (447kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (460kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011025-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran matematika untuk siswa tunarungu. Multimedia yang dikembangkan bernama “Multimedia Pembelajaran Matematika materi Pecahan”. Tujuan dari peneliti ini adalah: (1) mendeskripsikan rancangan pengembangan multimedia, (2) mengetahui implementasi dari multimedia yang dikembangkan, (3) mengetahui kelayakan multimedia berdasarkan teori kognitif. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan memakai model pengembangan 4-D. Tahapan pengembangan model 4-D yang dipergunakan mencakup tahap pendefinisian (define), tahap desain (design), serta tahap pengembangan (develop). Tahapan tadi membentuk sebuah multimedia yang memuat beberapa konten seperti kompetensi dasar, materi, latihan, dan evaluasi. Multimedia ini dilengkapi video pembelajaran yang sudah dilengkapi System Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Validitas multimedia dinilai oleh 4 orang ahli. Ahli media memberikan skor 47, ahli materi memberikan skor 50, ahli desain pembelajaran memberikan skor 55, dan ahli bahasa memberikan skor 53. Skor dari empat ahli ini berada pada kategori ‘Sangat Baik’. Hasil uji coba pengembangan yang dilakukan pada 2 guru dan 5 siswa di SLB N 1 Tabanan yang secara berurut memperoleh skor rata-rata 4,9 dan 4,08 dengan kriteria evaluasi usability yang tinggi. Peneliti menyimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh guru serta siswa, ini dapat dilihat dari hasil angket respon guru serta siswa yang banyak menyampaikan tanggapan positif. Hal tersebut menunjukan multimedia pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sebagai media pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran baik itu di sekolah maupun di luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia, pecahan, tunarungu |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Putu Yuda Ari Juliada |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 03:24 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 03:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14831 |
Actions (login required)
View Item |