Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Livewoeksheet terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Abang Tahun Pelajaran 2o22/2023

Dwiyanti, Ni Kadek Emi Mas (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Livewoeksheet terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Abang Tahun Pelajaran 2o22/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031153-Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031153-Abstrak.pdf

Download (724kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031153-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031153-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031153-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031153-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031153-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031153-Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031153-Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi liveworksheet terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Abang tahun pelajaran 2022/2023. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan bentuk design nonequivalent post-test only control grup design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 182 siswa dari 8 sekolah dasar dan 8 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Bunutan sebanyak 39 siswa dan SD Negeri 4 Bunutan sebanyak 39 siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan bentuk soal obyektif. Diperoleh rata-rata hasil belajar IPA siswa di kelas eksperimen sebesar 81,81 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi dan di kelas kontrol sebesar 52,74 yang termasuk kategori sedang. Pada analisis statistik inferensial didapatkan hasil bahwa thitung sebesar 10,26 dan ttabel sebesar 1,99 pada df = 76 dengan taraf signifikansi 5%. Ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi liveworksheet terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Abang tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, liveworksheet, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Emi Mas Dwiyanti
Date Deposited: 30 May 2023 05:24
Last Modified: 30 May 2023 05:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14894

Actions (login required)

View Item View Item