PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENGLATAN

Wiraha, Made Adi (2023) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENGLATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021026-COVER..pdf

Download (602kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021026-ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021026-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dengan mengembangkan augmented reality berorientasi pembelajaran berbasis masalah pada materi ilmu pengetahuan alam kelas V SD N 1 Penglatan. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun augmented reality, (2) mengetahui validitas dari augmented reality, dan (3) menguji efektivitas dari augmented reality. Metode pengembangan yang digunakan ialah metode pengembangan ADDIE. Metode ADDIE merupakan metode yang sistematis karena memiliki lima tahapan yaitu tahapan analisis, tahapan perancangan, tahapan pengembangan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi. Penelitian yang telah berjalan ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan metode tes. Untuk menganalisis data yang akan di olah menggunakan metode analisis kuantitatif dan statistik inferensial uji-t. hasil penelitian ini yang (1) telah merancang augmented reality dari tahap analisis sampai tahap evaluasi. (2) sudah menentukan validitas yang dinilai dari para ahli dan dari peserta didik, didapatkan skor pada ahli media pembelajaran 94,4%, kemudian dari ahli desain pembelajaran dengan skor 92%, dan ahli isi pembelajaran dengan skor 98,6%. Kemudian pada uji perorangan mendapatkan skor 96,47%, dan uji kelompok kecil dengan skor 95,57%. (3) hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% yang dilakukan dengan dk=44, T Hitung = -20,2866, dan T Tabel = -1,68023. Sehingga menunjukan -1.680<t hitung<1.680, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan diterimanya H1berari terdapat hasil yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan augmented reality berorientasi pada pembelajaran berbasis masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, problem based learning, ilmu pengetahuan alam
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Made Adi Wiraha
Date Deposited: 17 May 2023 08:00
Last Modified: 17 May 2023 08:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14907

Actions (login required)

View Item View Item