PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN APPSMART BERBASIS MODEL PBL BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA KELAS V SD

Yunanti, Eliya (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN APPSMART BERBASIS MODEL PBL BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031062-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031062-ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (674kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031062-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam suatu pembelajaran hendaknya dapat dikaitkan dengan konsep yang relevan dan menyenangkan agar siswa mudah memahami pembelajaran. Jika siswa merasa bosan di dalam kelas, maka siswa kurang fokus dalam menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Melihat hal tersebut, maka dikembangkannya Aplikasi Pembelajaran Appsmart berbasis model PBL pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya kelas V sekolah dasar yang layak, praktis dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya. Subjek penelitian ini adalah 4 ahli, 3 guru, dan 20 siswa. Objek penelitian adalah Aplikasi Pembelajaran Appsmart berbasis model PBL. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen, one shot case study. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa Aplikasi Pembelajaran Appsmart berbasis model PBL layak, praktis, Dan efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aplikasi pembelajaran appsmart, PBL, pemahaman konsep ipa, cahaya dan sifat-sifatnya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Eliya Yunanti
Date Deposited: 22 May 2023 00:48
Last Modified: 22 May 2023 00:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14910

Actions (login required)

View Item View Item