PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN APPSMART BERBASIS MODEL PBL BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS V SD

Anjali, Agung Ayu Komang Mia (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN APPSMART BERBASIS MODEL PBL BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031059-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031059-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (577kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031059-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL pada materi Bumi dan Alam Semesta. Aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL terbentuk berbantuan Articulate Storyline 3 yang membahas materi Bumi dan Alam Semesta kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek dari penelitian pengembangan ini yaitu aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL berbantuan Articulate Storyline 3 materi Bumi dan Alam Semesta. Sedangkan, objek dari penelitian ini yaitu pemahaman konsep IPA materi Bumi dan Alam Semesta siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode tes dan kuesioner. Peneitian ini menggunakan instrumen rating scale untuk mengukur tingkat kelayakan dan kepraktisan Appsmart yang telah teruji oleh judges dan dinilai oleh 4 ahli, 3 guru dan 6 siswa. Sedangkan, untuk mengetahui efektivitas menggunakan metode tes yang diberikan kepada 22 siswa kelas V SD Negeri 4 Tamblang dengan menjawab 15 butir soal objektif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan menggunakan rumus mean untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat kepraktisan. Hasil uji kelayakan aplikasi mencapai 4,67 dan hasil uji kelayakan materi mencapai 4,65 yang secara keseluruhan dapat dinyatakan layak digunakan. Hasil uji kepraktisan guru dan siswa mencapai 4,87 dan 4,97 yang secara keseluruhan dinyatakan praktis untuk diterapkan. Nilai signifikasi (2-tailed) pada uji-t satu sampel menunjukan angka 0,00 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari aplikasi pembelajaran Appsmart berbasis model PBL berbantuan Articulate Storyline 3 dengan pemahaman konsep IPA materi Bumi dan Alam Semesta siswa kelas V SD Negeri 4 Tamblang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan aplikasi pembelajaran, appsmart, PBL, pemahaman konsep IPA, bumi dan alam semesta.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Agung Ayu Komang Mia Anjali
Date Deposited: 22 May 2023 01:30
Last Modified: 22 May 2023 01:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14921

Actions (login required)

View Item View Item