PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN KIMIA HIJAU PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA

Lumban Gaol, Indah Maria Tioday (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMUATAN KIMIA HIJAU PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1813031033-COVER.pdf

Download (701kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813031033-ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1813031033-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (430kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1813031033-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1813031033-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031033-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1813031033-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813031033-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, keterbacaan, dan kepraktisan dari bahan ajar bermuatan kimia hijau pada materi laju reaksi yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilakukan menggunakan model ADDIE yang dibatasi pada tahap analisis, desain, dan pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar analisis dokumen, lembar validasi, lembar keterbacaan, dan lembar kepraktisan. Karakteristik bahan ajar yang dikembangkan adalah mengintegrasikan prinsip-prinsip kimia hijau meliputi pencegahan dan kimia aman untuk pencegahan kecelakaan. Uji validitas yang dilakukan meliputi validasi isi, bahasa, dan media yang secara berturut-turut menghasilkan skor 3,01; 4,00; dan 3,26 dengan kategori valid, sangat valid, dan valid. Uji keterbacaan menghasilkan rata-rata penilaian sebesar 3,22 dengan kategori baik. Uji kepraktisan oleh guru dan siswa menghasilkan skor 3,16 dan 3,03 dengan kategori yang diperoleh keduanya adalah praktis. Hasil uji produk menunjukkan bahwa bahan ajar bermuatan kimia hijau pada materi laju reaksi dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, kimia hijau, keterbacaan, kepraktisan, laju reaksi, validitas
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Indah Maria Tioday Lumban Gaol
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:03
Last Modified: 08 Jun 2023 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15073

Actions (login required)

View Item View Item