Wahyuni, Ni Putu Indah (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI DI SD GUGUS III KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031306-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031306-ABSTRAK.pdf Download (417kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031306-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (442kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031306-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031306-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (937kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031306-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (912kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031306-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031306-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (454kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031306-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar matematika siswa kelas VI di SD Gugus III Kecamatan Abiansemal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto yang bersifat korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SD Gugus III Kecamatan Abiansemal yang berjumlah 106 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 86 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode non tes. Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan menggunakan pencatatan dokumen, sedangkan data motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi liniear sederhana dan teknik analisis regresi liniear berganda. Hasil dari analisis regresi linier sederhana untuk pengujian hipotesis I dan II diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VI di SD Gugus III Kecamatan Abiansemal dengan kontribusi sebesar 10,5% dan terdapat pengaruh yang signifikan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar matematika siswa kelas VI di SD Gugus III Kecamatan Abiansemal dengan kontribusi sebesar 53,0%. Hasil analisis regresi liniear berganda diperoleh persamaan Ŷ = 70,829 + 0,147X1 + 0,130X2 dan mendapatkan nilai Fhitung = 3,959 dan Ftabel = 3,107 maka dapat disimpulkan bahwa nilai Fhitung = 3,959 > Ftabel = 3,107 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar matematika siswa kelas VI di SD Gugus III Kecamatan Abiansemal dengan kontribusi sebesar 11,0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar matematika siswa kelas VI di SD Gugus III Kecamatan Abiansemal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, prokrastinasi akademik, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Indah Wahyuni |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:44 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15182 |
Actions (login required)
View Item |