PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA

Kumala Dewi, Cokorda Istri Mas (2020) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (Cover)
1513071034-COVER.pdf

Download (730kB)
[img] Text (Abstrak)
1513071034-abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text (Bab 1)
1513071034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text (Bab 2)
1513071034- BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text (Bab 3)
1513071034- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text (Bab 4)
1513071034- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text (Bab 5)
1513071034- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
1513071034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (Lampiran)
1513071034-LAMPIRAN_.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar IPA berbasisbudayalokalpada pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Deploment) 4D Thiagarajan. Penelitian ini dilaksanakan sampai tahap validasi ahli dan praktisi serta uji keterbacaan. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik buku ajar IPA, data hasil validitasbuku ajar dan tingkat keterbacaan. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah sebagai berikut. (1)Komponenbuku ajar IPA berbasisbudayaterdiridarimateri ajar, LKS, sekilas info, ujikompetensi, sekilasilmuwan.(2) Bagianmateri ajar, LKS, sekilas info, ujikompetensimengintegrasikanbudayalokal.Perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti ditinjau dari aspek kevalidan termasuk kategori sangat valid atau sangat layak dapat dilihat dari nilai rata-rata angket validasi ahli dan validasi praktisi pada setiap komponen perangkat yang dikembangkan yaitu pada materi dan konstruk didapatkan rata-rata dengan skor 3,75. Tingkat keterbacaan buku ajar IPA tergolong dalam kategori baik, dapat dilihat dari nilai rata-rata skorketerbacaan yaitu 3.4 dengankriteriabaik. Dengan demikian buku ajar IPA berbasisbudayalokalpadapokokklasifikasimateridanperubahannya yang telah dikembangkan sudah layak dan dapat digunakan. Kata Kunci: Buku Ajar IPA, budayalokal, klasifikasi materi dan perubahannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar IPA, budayalokal, klasifikasi materi dan perubahannya
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: COKORDA ISTRI MAS KUMALA DEWI
Date Deposited: 27 Feb 2020 01:43
Last Modified: 27 Feb 2020 01:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item