STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA PERKEBUNAN PISANG DESA BUKTI, KECAMATAN KUBUTAMBAHAN, KABUPATEN BULELENG, BALI

Ariani, Ni Komang (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA PERKEBUNAN PISANG DESA BUKTI, KECAMATAN KUBUTAMBAHAN, KABUPATEN BULELENG, BALI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (744kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan perkebunan pisang menjadi agrowisata di Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif sementara metode yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara dengan instrumen berupa lembar observasi serta pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis 4 (empat) A komponen pengembangan objek wisata (Attraction, Amenities, Ancilliary, Accesibility) dengan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threats). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat empat alternatif strategi pengembangan daya Tarik wisata perkebunan pisang Desa Bukti yaitu 1. Strategi S-O (strength-opportunity) yang terdiri dari (menggali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, meningkatkan Kerjasama dengan pihak eksternal, meningkatkan kualitas produk/layanan, mendirikan ruko-ruko cinderamata, melakukan promosi secara berkala dengan memanfaatkan media sosial. 2. Strategi W-O (weakness-opportunity) yaitu yang terdiri dari (menciptakan produk/jasa yang lebih bervariatif dan inovatif, menambah dan melengkapi fasilitas Perkebunan Pisang, menggandeng pihak pemerintah desa dan daerah untuk ikut serta dalam pengembangan Agrowisata perkebunan pisang, mengadakan pelatihan bagi anggota Kelompok Tani Ternak Kerti Winangun selaku pengelola dan masyarakat desa, memperbaiki sarana dan prasarana yang belum bagus). 3. Strategi S-T (Strength-threats) yang terdiri dari (menambah atraksi wisata, membuat tanda peringatan, membuat tempat foto yang menarik. 4. Strategi W-T (weakness-threats) yang terdiri dari (memanfaatkan teknologi sebagai petunjuk lokasi, mempersiapkan sarana dan prasarana alternatif, serta meningkatkan program baru yang berinovasi). Kata Kunci: Desa Bukti, strategi, pengembangan, agro wisata, perkebunan pisang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Desa Bukti, strategi, pengembangan, agro wisata, perkebunan pisang
Subjects: Q Science > QH Natural history
S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Ni Komang Ariani
Date Deposited: 19 Jun 2023 00:54
Last Modified: 19 Jun 2023 00:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15244

Actions (login required)

View Item View Item