DESAIN DAN VALIDASI MODUL AJAR DIGITAL PRAKTIKUM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN IPA SD

Pratiwi, Ni Kadek Anggi (2023) DESAIN DAN VALIDASI MODUL AJAR DIGITAL PRAKTIKUM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN IPA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031332-COVER.pdf

Download (218kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031332-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031332-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031332-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031332-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031332-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031332-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031332-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031332-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar digital praktikum pengembangan keterampilan IPA SD yang valid dan praktis. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian ADDIE, adapun tahapannya terdiri dari: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation formatif. Subjek penelitian ini adalah 6 ahli dan 2 praktisi untuk mengetahui validitas serta kepraktisan modul digital yang dikembangkan. Objek dalam penelitian ini adalah validitas dan kepraktisan modul ajar digital praktikum pengembangan keterampilan IPA SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner/angket dengan menggunakan rating scale berupa lembar penilaian berskala lima. Data hasil validasi dari ahli kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan (1) Modul modul ajar digital praktikum pengembangan keterampilan IPA SD memperoleh indeks validitas ahli materi sebesar 96,6%, ahli media sebesar 92,6%, dan ahli desain pembelajaran sebesar 91,3% termasuk ke dalam validitas sangat baik. (2) Hasil analisis oleh praktisi, menunjukkan bahwa modul ajar digital praktikum pengembangan keterampilan IPA SD secara keseluruhan dari praktisi diperoleh skor sebesar 96,6%, dari uji perorangan diperoleh skor sebesar 93,3%, dan dari kelompok kecil diperoleh skor sebesar 95,56% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis uji validitas dan kepraktisan tersebut, praktikum pengembangan keterampilan IPA SD dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul ajar digital, keterampilan IPA SD
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Anggi Pratiwi
Date Deposited: 22 Jun 2023 00:08
Last Modified: 22 Jun 2023 00:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15280

Actions (login required)

View Item View Item