Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Mi - AlFalah

Farhan, Muhamad (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Mi - AlFalah. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PEDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1911021018-COVER.pdf

Download (391kB)
[img] Text (ABSRAK)
1911021018-ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021018- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021018-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran interaktif, (2) mengetahui Validitas dari multimedia pembelajaran interaktif, dan (3) mengetahui efektifivitas dari multimedia pembelajaran interaktif dengan metode Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada mata pelajaran Matematika untuk siswa kelas IV di Mi Al – Falah. Penelitian pengembangan ini menggunakan Model ADDIE yang memiliki 5 tahapan di dalamnya yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode kusioner dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan pada pengembangan ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial uji-t. Subjek penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Multimedia pembelajaran interaktif dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan implementasi dan evaluasi. (2) Validitas multimedia pembelajaran interaktif dari hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 91,66%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 92,18%, uji ahli media pembelajaran sebesar 88,33%, uji coba perorangan sebesar 87,38%, uji coba kelompok kecil sebesar 87,73%, yang skornya dikualifikasikan sangat baik. (3) efektivitas multimedia pembelajaran interaktif dilihat dari uji-t yang menunjukkan terdapat perbedaan yang siginifikan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada mata pelajaran matematika. Diketahui nilai post-test siswa berada di atas KKM, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Mi Al – Falah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, pendidikan matematika realistik indonesia, matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Muhamad Farhan
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:48
Last Modified: 27 Jun 2023 01:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15285

Actions (login required)

View Item View Item