PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Yatra, I Ketut Adi Darma (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011013-COVER.pdf

Download (316kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011013-ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011013-LAMPIRAN.pdf

Download (973kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengembangkan E-Modul eksploratif untuk mendukung pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP. Pengembangan E-Modul menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Formatnya dikemas dalam bentuk aplikasi android yang mengandung kegiatan peserta didik dan media Geogebra. Pada proses pengembangan E-Modul eksploratif uji validitas isi/materi dilakukan dengan uji pakar, uji kevalidan dilakukan dengan angket LORI, uji efektivitas dilakukan dengan tes ketuntasan. Hasil dari uji validitas isi/materu mendapatkan rata-rata nilai sebesar 0,85 dengan kriteria sangat tinggi. Selanjutnya, uji kevalidan media mendapatka rata-rata 4,5 dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan uji kevalidan materi mendapatkan rata-rata nilai 4,9 dengan kategori sangat tinggi. Uji coba dilakukan pada 32 pengguna dengan 30 peserta didik dan 2 orang guru di SMP Negeri 2 Sawan. Melalui uji coba didapatkan hasil angket respon guru dan peserta didik mendapatkan hasil penilaian dengan predikat sangat baik. Pada uji coba didapatkan juga bahwa E-Modul eksploratif sangat efektif dengan memperoleh rata-rata skor nilai ketuntasan 77,67.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Eksploratif, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Ketut Adi Darma Yatra
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:32
Last Modified: 22 Jun 2023 07:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15297

Actions (login required)

View Item View Item