Yatra, I Ketut Adi Darma (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011013-COVER.pdf Download (316kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011013-ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011013-LAMPIRAN.pdf Download (973kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengembangkan E-Modul eksploratif untuk mendukung pembelajaran berbasis masalah (PBL) pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP. Pengembangan E-Modul menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Formatnya dikemas dalam bentuk aplikasi android yang mengandung kegiatan peserta didik dan media Geogebra. Pada proses pengembangan E-Modul eksploratif uji validitas isi/materi dilakukan dengan uji pakar, uji kevalidan dilakukan dengan angket LORI, uji efektivitas dilakukan dengan tes ketuntasan. Hasil dari uji validitas isi/materu mendapatkan rata-rata nilai sebesar 0,85 dengan kriteria sangat tinggi. Selanjutnya, uji kevalidan media mendapatka rata-rata 4,5 dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan uji kevalidan materi mendapatkan rata-rata nilai 4,9 dengan kategori sangat tinggi. Uji coba dilakukan pada 32 pengguna dengan 30 peserta didik dan 2 orang guru di SMP Negeri 2 Sawan. Melalui uji coba didapatkan hasil angket respon guru dan peserta didik mendapatkan hasil penilaian dengan predikat sangat baik. Pada uji coba didapatkan juga bahwa E-Modul eksploratif sangat efektif dengan memperoleh rata-rata skor nilai ketuntasan 77,67.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Eksploratif, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Ketut Adi Darma Yatra |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 07:32 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 07:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15297 |
Actions (login required)
View Item |