Maharani, Ida Ayu Gde Sutha (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PERMAINAN EDUKASI QUESTION BOARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR GUGUS VII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031116-COVER.pdf Download (787kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031116-ABSTRAK.pdf Download (565kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031116-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (667kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031116-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1911031116-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031116-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (973kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031116-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031116-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (534kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031116-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi question board terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Gugus VII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2022/2023. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent post-test only control group. Populasi pada penelitian ini berjumlah 210 siswa dari 8 sekolah dasar dan 8 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 2 Banyuning sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 5 SD Negeri 6 Banyuning sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling atau teknik acak kelompok. Data hasil belajar IPA siswa diperoleh dengan penggunaan metode tes objektif dan dianalisis dengan uji-t. Memperoleh rata-rata hasil belajar IPA di kelas eksperimen sebesar 76,12 dan di kelas kontrol sebesasar 65,26. Rata-rata pada kelas eksperimen jika dikategorikan pada pedoman skala lima konversi kualitas, maka rata-rata sebesar 76,12 termasuk pada kategori sangat tinggi. Sedangkan rata-rata pada kelas kontrol sebesar 65,26 termasuk pada kategori tinggi. Pada analisis statistik inferensial diperoleh hasil nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil daripada 0,05 (0,000<0,05). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan permainan edukasi question board terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Gugus VII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2022/2023. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan berbantuan permainan question board ini harus diikuti dengan partisipasi yang aktif bagi siswa serta kesungguhan dalam mengikuti pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar IPA yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri terbimbing, question board, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Gde Sutha Maharani |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:16 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15308 |
Actions (login required)
View Item |