PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS IX KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2022/2023

Dewi, I Gusti Ayu Putu Sintya Kumala (2023) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS IX KECAMATAN ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031228-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031228-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031228-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (410kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031228-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031228-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031228-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031228-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031228-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031228-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Quizizz terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Gugus IX Kecamatan Abiansemal tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus IX Kecamatan Abiansemal. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD No. 4 Darmasaba sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan siswa kelas V SD No. 5 Darmasaba sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova. Hasil dari uji hipotesis diperoleh Fhitung = 60,546 > Ftabel = 4,004 dengan taraf signfikansi 5% ,dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 59 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model TGT berbantuan Quizizz pada siswa kelas V SD Gugus IX Kecamatan Abiansemal tahun ajaran 2022/2023 dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model TGT berbantuan Quizizz pada siswa kelas V SD Gugus IX Kecamatan Abiansemal tahun ajaran 2022/2023. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Teams Games Tournament berbantuan Quizizz berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Gugus IX Kecamatan Abiansemal tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Quizizz, Kompetensi Pengetahuan IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Putu Sintya Kumala Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:02
Last Modified: 26 Jun 2023 02:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item View Item