Lestari, Putu Diah (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS UNTUNG SURAPATI DENPASAR TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031058-COVER.pdf Download (716kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031058-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (353kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031058-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model problem based learning berbantuan media crossword puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Untung Surapati Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent pretest posttest eksperimental control group design. Populasi penelitian adalah 183 orang siswa kelas IV. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Kelompok sampel yang terpilih adalah kelas IV SD Negeri 6 Sumerta sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri 9 Sumerta sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes kompetensi pengetahuan IPAS. Data posttest kompetensi pengetahuan IPAS dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 85,16 dan rata-rata nilai posttest kelompok kontrol sebesar 56,43. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 11,28 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 58 diperoleh ttabel = 2,00. Oleh sebab thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbantuan media crossword puzzle berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Untung Surapati Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: PBL, crossword puzzle, kompetensi IPAS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Diah Lestari |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 02:08 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 02:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15350 |
Actions (login required)
View Item |