PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Dewi, I Gusti Agung Ayu Kirana (2023) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031225-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031225-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031225-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (448kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031225-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031225-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031225-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031225-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031225-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031225-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Question Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 186 seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kuta Utara. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD No. 3 Kerobokan Kelod sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 27 orang dan siswa kelas V SD No. 1 Kerobokan Kelod sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 27 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianaisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 17,000 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 16,370 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 24,110 yang berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 19,220 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji Anakova diperoleh Fhitung = 39,99 dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 51 adalah 4,030. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar daripada Ftabel (39,99 > 4,030) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Teams Games Tournament berbantuan media Question Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Question Card, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Agung Ayu Kirana Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:10
Last Modified: 26 Jun 2023 02:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item View Item