Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII

Fatma, Novi Prasetyo (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1513071012-COVER)
1513071012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (1513071012-ABSTRAK)
1513071012-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (1513071012-BAB 1 PENDAHULUAN)
1513071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text (1513071012-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (1513071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513071012-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (1513071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (1513071012-BAB 5 PENUTUP)
1513071012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (1513071012-DAFTAR PUSTAKA)
1513071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (1513071012-LAMPIRAN)
1513071012-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pengaruh hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction di MTsN 1 Jembrana. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 82 siswa yang tersebar ke dalam 3 kelas VII di MTsN 1 Jembrana semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu diperoleh 42 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Kelas VII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan kelas eksperimen yang berjumlah 21 siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Data yang dikumpulkan yaitu data kuantitatif tentang hasil belajar IPA siswa yang diperoleh menggunakan instrumen tes hasil belajar IPA dengan jenis tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji t independent sample test dengan taraf signifikansi 0,05 menggunakan bantuan SPSS for Windows 16.0. Perolehan hasil belajar IPA pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model Teams Games Tournament sebesar <g>=0,58 dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model Direct Instruction sebesar <g>=0,34. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model Teams Games Tournament dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model Direct Instruction terhadap hasil belajar IPA siswa di MTsN 1 Jembrana. Kata kunci: Teams Games Tournament, Direct Instruction, Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Direct Instruction, Hasil Belajar IPA
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Novi Prasetyo Fatma
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:13
Last Modified: 27 Feb 2020 04:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item