PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS III DI SD NEGERI 3 PEJARAKAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Permana, Ahma Akbar (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS III DI SD NEGERI 3 PEJARAKAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021005-ABSTRAK.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1911021005-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911021005-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911021005-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021005-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1911021005-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021005-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun Multimedia Interaktif berbasis pendekatan game based learning pada pembelajaran Tematik untuk siswa Kelas III SD Negeri 3 Pejarakan Tahun ajaran 2022/2023. (2) untuk mengetahui hasil uji validitas Multimedia Interaktif berbasis pendekatan game based learning pada pembelajaran Tematik untuk siswa Kelas III SD Negeri 3 Pejarakan Tahun ajaran 2022/2023. (3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan Multimedia Interaktif berbasis pendekatan game based learning pada pembelajaran Tematik untuk siswa Kelas III SD Negeri 3 Pejarakan Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, kuesioner, dan tes objektif berupa pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun Multimedia Interaktif berbasis pendekatan game based learning dengan model ADDIE meliputi 5 tahapan: (a) tahap analisis, (b) tahap desain, (c) tahap pengembangan, (d) tahap implementasi, (e) dan tahap evaluasi. (2) Multimedia Interaktif berbasis pendekatan game based learning valid dengan: (a) hasil Review ahli isi mata pelajaran yaitu 96,25% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil Review ahli desain pembelajaran yaitu 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil Review ahli media pembelajaran yaitu 94,67% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji perorangan yaitu 97,78% dengan kualifikasi sangat baik, dan (d) hasil uji kelompok kecil yaitu 97,63% dengan kualifikasi sangat baik. (3) pengembangan Multimedia Interaktif berbasis pendekatan game based learning yang dikembangkan efektif bagi siswa kelas III di SD Negeri 3 Pejarakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: pengembangan, Multimedia Interaktif, Pendekatan Game Based Learning, Tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Ahma Akbar Permana
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:26
Last Modified: 17 Jul 2023 04:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15491

Actions (login required)

View Item View Item