Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Geogebra Dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Representasi Dan Disposisi Matematika Siswa Smp N 3 Tampaksiring

Dewi, Desak Putu Novia (2020) Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Geogebra Dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Representasi Dan Disposisi Matematika Siswa Smp N 3 Tampaksiring. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1629051043-COVER.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1629051043-Abstrak.pdf.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1629051043-BAB I PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1629051043-BAB II KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1629051043-BAB III METODE PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051043-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1629051043-BAB V PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629051043-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1629051043-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif script berbantuan geogebra dan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi dan disposisi matematika siswa SMP N 3 Tampaksiring. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan disain The statistic Group Postest only design yang melibatkan 306 siswa. Dengan teknik cluster random sampling dipilih 2 kelas sebagai sampel kemudian dilakukan pengudian untuk terpilih kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Intervensi pada kelompok eksperimen I adalah pengajaran dengan pengaruh model pembelajaran kooperatif script berbantuan geogebra dan pada kelas eksperimen II dengan model pembelajaran berbasis masalah serta dilaksanakan dalam 8 pertemuan. Data kemampuan representasi matematis siswa dikumpulkan menggunakan tes esai dan data disposisi dikumpulkan dengan angket. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan tingkat signifikansi 5%. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan representasi dan disposisi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif script berbantuan geogebra secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran model berbasis masalah. oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif script berbantuan geogebra dan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi dan disposisi matematika siswa SMP N 3 Tampaksiring

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Script, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Media GeoGebra, Representasi Matematika, Disposisi Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Desak Putu Novia Dewi
Date Deposited: 27 Feb 2020 04:23
Last Modified: 27 Feb 2020 04:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item