Purnayasa, Komang (2023) REDESIGN FRAME ELECTRIC GANESHA SCOOTER PORTABLE (E-GASPOL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP FACTOR OF SAFETY KENDARAAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915071001-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915071001-ABSTRAK.pdf Download (446kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915071001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915071001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915071001-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915071001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915071001-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendapatkan hasil tegangan statik maksimum dan minimum serta factor of safety pada frame kendaraan Electric Ganesha Scooter Portable (E-GASPOL). Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu metode elemen hingga, metode ini dapat menyelesaikan persoalan statik, dinamik, linier maupun non-linier. Penelitian ini dilakukan analisis tegangan statik frame kendaraan E-GASPOL berbahan Galvanized Steel dengan menggunakan Software Solidworks pada kondisi tanpa beban pengendara (massa frame sebesar 13,34 kg) dan kondisi dengan beban pengendara (massa frame sebesar 13,34 kg + rerata massa pengendara sebesar 70 kg). Dari data hasil analisis tegangan statik pada keempat desain, hasil desain frame kendaraan modifikasi 3 memiliki nilai yang terbaik yaitu memperoleh nilai tegangan statik maksimum sebesar 1,255 x 〖10〗^6 N/m kondisi tanpa beban pengendara, hasil ini mendapat penurunan sebesar 58,55% dari desain standar dan dengan beban pengendara sebesar 7,699x 〖10〗^6 N/m, hasil ini mendapat penurunan sebesar 58,56% dari desain standar. Nilai displacement/deformasi maksimum sebesar 1,453 x 〖10〗^(-3) mm kondisi tanpa beban pengendara, hasil ini mendapat penurunan sebesar 77,718% dari desain standar dan dengan beban pengendara sebesar 8,791 x 〖10〗^(-3) mm, hasil ini mendapat penurunan sebesar 78,10% dari desain standar. Nilai factor of safety memperoleh nilai sebesar 162,56 tanpa beban pengendara, hasil ini mengalami peningkatan sebesar 141,37% dari desain standar dan dengan beban pengendara sebesar 26,48 hasil ini mendapat peningkatan sebesar 141,88% dari desain standar. Sehingga dapat di simpulkan frame modifikasi lebih baik dan kuat di bandingkan dengan frame standar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Frame, Simulasi, Tegangan Statik, Diplacement, Factor Of Safety |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Komang Purnayasa |
Date Deposited: | 09 Jul 2023 12:57 |
Last Modified: | 09 Jul 2023 12:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15561 |
Actions (login required)
View Item |