REDESIGN FRAME ELECTRIC GANESHA SCOOTER PORTABLE (E-GASPOL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP FACTOR OF SAFETY KENDARAAN

Purnayasa, Komang (2023) REDESIGN FRAME ELECTRIC GANESHA SCOOTER PORTABLE (E-GASPOL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP FACTOR OF SAFETY KENDARAAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915071001-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915071001-ABSTRAK.pdf

Download (446kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915071001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915071001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915071001-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915071001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915071001-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendapatkan hasil tegangan statik maksimum dan minimum serta factor of safety pada frame kendaraan Electric Ganesha Scooter Portable (E-GASPOL). Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), Teknik analisis data yang dipergunakan yaitu metode elemen hingga, metode ini dapat menyelesaikan persoalan statik, dinamik, linier maupun non-linier. Penelitian ini dilakukan analisis tegangan statik frame kendaraan E-GASPOL berbahan Galvanized Steel dengan menggunakan Software Solidworks pada kondisi tanpa beban pengendara (massa frame sebesar 13,34 kg) dan kondisi dengan beban pengendara (massa frame sebesar 13,34 kg + rerata massa pengendara sebesar 70 kg). Dari data hasil analisis tegangan statik pada keempat desain, hasil desain frame kendaraan modifikasi 3 memiliki nilai yang terbaik yaitu memperoleh nilai tegangan statik maksimum sebesar 1,255 x 〖10〗^6 N/m kondisi tanpa beban pengendara, hasil ini mendapat penurunan sebesar 58,55% dari desain standar dan dengan beban pengendara sebesar 7,699x 〖10〗^6 N/m, hasil ini mendapat penurunan sebesar 58,56% dari desain standar. Nilai displacement/deformasi maksimum sebesar 1,453 x 〖10〗^(-3) mm kondisi tanpa beban pengendara, hasil ini mendapat penurunan sebesar 77,718% dari desain standar dan dengan beban pengendara sebesar 8,791 x 〖10〗^(-3) mm, hasil ini mendapat penurunan sebesar 78,10% dari desain standar. Nilai factor of safety memperoleh nilai sebesar 162,56 tanpa beban pengendara, hasil ini mengalami peningkatan sebesar 141,37% dari desain standar dan dengan beban pengendara sebesar 26,48 hasil ini mendapat peningkatan sebesar 141,88% dari desain standar. Sehingga dapat di simpulkan frame modifikasi lebih baik dan kuat di bandingkan dengan frame standar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Frame, Simulasi, Tegangan Statik, Diplacement, Factor Of Safety
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Komang Purnayasa
Date Deposited: 09 Jul 2023 12:57
Last Modified: 09 Jul 2023 12:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15561

Actions (login required)

View Item View Item