Astuti, Ida Ayu Dwijayanti Kusuma (2020) Penerapan Model Pembelajaran Eliciting Activities untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 8 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (cover)
1513011010-COVER.pdf Download (592kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011010-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (704kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1513011010-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011010-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 8 Singaraja menggunakan model pembelajaran Eliciting Activities. Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari 32 orang siswa pada semester ganjil Tahun ajaran 2019/2020. Data hasil peningkatan motivasi belajar siswa diukur menggunakan angket dan dianalisis dengan uji statistik deskriptif, kemudian data hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diukur dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian dan dianalisis menggunakan nilai rata-rata tes. Data hasil tanggapan siswa terhadap model diukur menggunakan angket dan dianalisis dengan uji statistik deskriptif. Data hasil motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 84,28, pada siklus II sebesar 89,34, dan pada siklus III sebesar 90,46 dengan nilai maksimum yaitu 125. Nilairata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 44,07, pada siklus II sebesar 54,43 dan pada siklus III sebesar 62,04 dengan ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 21,87%, pada siklus II yaitu 43,75% dan pada siklus III yaitu 71,87% dengan nilai maksimum 100 dan ketuntasan belajar 58%. Tanggapan siswa setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Eliciting Activities berada pada kategori positif. Peningkatan terjadi karena guru lebih menekankan pada pemberian kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif, pengoptimalan kegiatan diskusi kelompok, pengoptimalan kegiatan presentasi maupun diskusi di depan kelas, pemberian latihan soal secara rutin dan dalam beragam konteks sehingga menambah wawasan siswa. Kata Kunci: Model Eliciting Activities, Motivasi Belajar, Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Dwijayanti Kusuma Astuti |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 02:01 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1558 |
Actions (login required)
View Item |