Ananta, Ida Bagus Gede Surya (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK KEWIRAUSAHAAN KEGIATAN DAUR ULANG SAMPAH PADA MATERI IPAS SISWA KELAS 4 DI SD NEGERI 5 PEGUYANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031272-COVER.pdf Download (605kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031272-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031272-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (388kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031272-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031272-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031272-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031272-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031272-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031272-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pemanfaatan daur ulang sampah tingkat sekolah dasar belum optimal sehingga mempengaruhi lingkungan kebersihan di sekolah. Penelitian pengembangan ini bertujuan (1)Untuk mengetahui rancang bangun media tutorial pembelajaran berbasis projek kewirausahaan daur ulang sampah di kelas IV SD N 5 Peguyangan.(2)Mengetahui kelayakan media tutorial pembelajaran berbasis projek kewirausahaan dalam kegiatan daur ulang sampah di kelas IV SD N 5 Peguyangan. (3) Mengetahui efektivitas media tutorial pembelajaran berbasis projek kewirausahaan di kelas IV SD N 5 Peguyangan. Penelitian ini menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation Evaluation). Berdasarkan uji ahli, validator ahli rancang bangun memperoleh persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik, Validator ahli isi memperoleh persentase 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, Validator ahli desain dan media pembelajaran memperoleh persentase 88,63%. Berdasarkan hasil tersebut maka produk dapat dipergunakan dalam tahap uji coba produk. Adapun hasil uji coba produk perorangan memperoleh persentase 90% dengan kualifikasi sangat baik dan uji kelompok kecil dengan persentase 91,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji t diketahui terjadi peningkatan rerata tingkat pengetahuan IPAS sesudah diberikan perlakuan. Selain itu, harga p-value sebesar 0,00, lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05. Selain itu, harga t hitung sebesar 41,886 lebih besar daripada t tabel (df = 29) dan signifikansi 5% yakni, 2,045, ini artinya H0 juga ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis projek kewirausahaan kegiatan daur ulang sampah efektif diterapkan pada materi IPAS siswa kelas 4 SD Negeri 5 Peguyangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengembangan Media, Projek Kewirausahaan, Daur Ulang Sampah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Bagus Gede Surya Ananta |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 01:32 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 01:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15581 |
Actions (login required)
View Item |