DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED INTO 4C SKILLS FOR THE FOURTH-GRADE STUDENTS AT SD N 3 BANJAR JAWA

Pujayani, Ida Ayu Devi (2023) DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED INTO 4C SKILLS FOR THE FOURTH-GRADE STUDENTS AT SD N 3 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021029-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021029-ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021029-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran abad 21, siswa dituntut untuk menguasai pemahaman bahasa Inggris dan keterampilan 4C (Communication, Critical Thinking, Collaboration, and Creativity). Namun, banyak guru belum menggunakan materi tambahan untuk mendukung siswa dalam memahami materi dan mempraktikkan keterampilan 4C. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi tambahan bahasa Inggris yang terintegrasi dengan keterampilan 4C dengan menggunakan Canva untuk siswa kelas IV SD N 3 Banjar Jawa. Penelitian ini juga bertujuan untuk menyelidiki kualitas materi pelengkap yang diintegrasikan ke dalam keterampilan 4C. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Design and Development (D&D) dengan model ADDE (Analysis, Design, Development, and Evaluation). Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen: lembar observasi, pedoman wawancara guru dan siswa, matriks analisis silabus, dan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa langkah dalam mengembangkan produk materi tambahan bahasa Inggris, 1 menganalisis ATP dan buku teks utama, 2 membuat cetak biru untuk merancang kegiatan pembelajaran keterampilan 4C, 3 membuat tata letak konten materi tambahan bahasa Inggris, pembuatan cover buku, cover pembuka, cover tiap topik, dan cover penutup, 4 membuat bahan dan kegiatan pembelajaran produk, 5 membuat kata pengantar, daftar isi, pengakuan kredit, dan kunci jawaban. Setelah itu, produk dinilai oleh dua ahli. Ditemukan bahwa kualitas produk dikategorikan"Sangat Baik." Selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dengan melibatkan siswa kelas IV dalam satu kelas. Setelah uji coba, produk dinilai oleh guru. Ditemukan bahwa kualitas produk dikategorikan "Sangat Baik". Setelah itu dilakukan wawancara guru dan siswa. Buku materi tambahan bahasa Inggris yang diintegrasikan ke dalam keterampilan 4C menarik dengan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan yang mengarah pada keterampilan 4C.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: materi tambahan bahasa Inggris, keterampilan 4C, siswa kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ida Ayu Devi Pujayani
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:52
Last Modified: 06 Jul 2023 03:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item View Item