Efendi, Hendra (2023) DEVELOPING ENGLISH SUPPLEMENTARY MATERIALS INTEGRATED TO 4C SKILLS USING CANVA FOR SIXTH-GRADE STUDENTS AT SD NEGERI 3 KALIUNTU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021044-COVER.pdf Download (690kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021044-ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (426kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021044-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Dalam sebuah pembelajaran, materi pembelajaran diharapkan memiliki keterkaitan dengan konsep-konsep yang relevan di dunia nyata sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Saat ini, materi pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar telah terintegrasi dengan keterampilan berbahasa dan 4C. Namun, kegiatan yang terdapat di dalamnya masih bersifat monoton dan perlu adanya pengintegrasian keterampilan 4C yang lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Inggris yang terintegrasi dengan keterampilan 4C dengan menggunakan Canva untuk siswa kelas enam SD Negeri 3 Kaliuntu. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas materi tambahan bahasa Inggris yang dikembangkan. Model penelitian ini menggunakan model Design and Development (D&D) yang diikuti dengan tahapan ADDE. Pengembangan produk dilakukan dengan melakukan analisis dokumen dan analisis kebutuhan, mengeksplorasi kegiatan interaktif, membuat blueprint, menyiapkan tata letak buku di Canva, memvisualisasikan blueprint ke dalam prototipe, dan melakukan uji ahli dan uji coba. Oleh karena itu, materi akhir yang dikembangkan adalah dalam bentuk e-book. Hasil penilaian para ahli dan pengguna menunjukkan bahwa materi tambahan bahasa Inggris yang dikembangkan dikategorikan sebagai materi tambahan yang "sangat baik". Selain itu, uji coba kelompok kecil dengan siswa kelas enam SD dan wawancara dengan siswa dan guru juga dilakukan untuk mengetahui respon pengguna. Mereka menyatakan bahwa materi tambahan bahasa Inggris yang dikembangkan menarik, mampu mengisi kekurangan dalam materi utama, dan mampu meningkatkan kemampuan bahasa dan 4C siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | materi pembelajaran, materi pelengkap, keterampilan 4C. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Hendra Efendi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 06:07 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 06:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15617 |
Actions (login required)
View Item |