PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMES-QUIZ MATERI TUMBUHAN PADA MUATAN IPAS FASE B KURIKULUM MERDEKA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dewi, Desak Putu Agung Yuliana Kasuma (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAMES-QUIZ MATERI TUMBUHAN PADA MUATAN IPAS FASE B KURIKULUM MERDEKA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031144-COVER.pdf

Download (536kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031144-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031144-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031144-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031144-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031144-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031144-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031144-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031144-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan rancangan bangun media, menguji validitas, kepraktisan, serta efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis games-quiz materi tumbuhan pada muatan IPAS FASE B kurikulum merdeka untuk kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Penelitian ini menggunakan subjek 31 siswa kelas IV di SD Negeri 1 Temesi. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis games-quiz yang dikembangkan adalah layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran melalui hasil penilaian para ahli. Hasil uji kelayakan ahli media adalah 95%; ahli materi sebesar 94,64%; ahli desain pembelajaran sebesar 94,23%; uji coba perorangan sebesar 92,23%; uji kelompok kecil 92,02%; uji respon siswa adalah sebesar 85,54%; observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran adalah sebesar 94,44%. Hasil uji efektivitas dengan uji-t memperoleh hasil t_hitung=21,34 dan nilai t_(tabel )=1,67. Untuk dk = 60 dengan taraf signifikansi 5%. Pengambilan keputusan H0 ditolak, H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis games-quiz layak dan efektif untuk bisa diterapkan pada materi tumbuhan muatan IPAS Fase B kurikulum merdeka untuk kelas IV SD Negeri 1 Temesi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, games-quiz, kurikulum merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desak Putu Agung Yuliana Kasuma Dewi
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:51
Last Modified: 07 Jul 2023 01:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15625

Actions (login required)

View Item View Item