Radoti, Nathania Valmai (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA PADA SISWA KELAS XII BB 2 SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912061026-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912061026-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912061026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912061026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912061026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912061026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912061026-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa kelas XII BB 2 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan permainan bingo dan (2) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan permainan bingo untuk meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sejumlah dua siklus dengan terdiri dari tiga kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII BB 2 SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan yaitu, pada pre-test persentase ketuntasan sebesar 27,77%. Pada Post-test siklus I mengalami peningkatan sebesar 80,55%. Kemudian, terjadi kembali peningkatan pada Post-test siklus II sebesar 100%. (2) persepsi siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan permainan bingo tergolong “positif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD), permainan bingo, huruf Hiragana dan Katakana |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Nathania Valmai Radoti |
Date Deposited: | 09 Jul 2023 13:14 |
Last Modified: | 09 Jul 2023 13:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15705 |
Actions (login required)
View Item |