IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA PADA SISWA KELAS XII BB 2 SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023

Radoti, Nathania Valmai (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA PADA SISWA KELAS XII BB 2 SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912061026-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912061026-ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912061026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912061026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912061026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912061026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912061026-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa kelas XII BB 2 SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan permainan bingo dan (2) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan permainan bingo untuk meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sejumlah dua siklus dengan terdiri dari tiga kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII BB 2 SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan yaitu, pada pre-test persentase ketuntasan sebesar 27,77%. Pada Post-test siklus I mengalami peningkatan sebesar 80,55%. Kemudian, terjadi kembali peningkatan pada Post-test siklus II sebesar 100%. (2) persepsi siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan permainan bingo tergolong “positif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD), permainan bingo, huruf Hiragana dan Katakana
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Nathania Valmai Radoti
Date Deposited: 09 Jul 2023 13:14
Last Modified: 09 Jul 2023 13:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15705

Actions (login required)

View Item View Item