Mariati, Ni Komang Sri (2023) The Effect of Blended Learning and Adversity Quotient on Students' Writing Achievement in SMA N 3 Singaraja. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081055-COVER.pdf Download (249kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081055-ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081055-LAMPIRAN.pdf Download (973kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh blended learning dan adversity quotient terhadap hasil menulis siswa dan menganalisis hubungan antara blended learning dan adversity quotient pada hasil menulis siswa berbahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain experimen semu. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Singaraja dengan jumlah populasi sebanyak 332 orang dan sampel penelitian sebanyak 63 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan kuisioner adversity quotient dan tes menulis. Data dianalisis dengan t-test, linear regression, dan One Way ANOVA. Dari penelitian ini diperoleh tiga temuan yaitu sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan dari blended learning terhadap hasil menulis siswa dengan signifikansi .00 < .05, dan pengaruhnya termasuk dalam kategori besar (1.97). Kedua, hasil dari kuisioner adversity quotient menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan dari adversity quotient terhadap hasil menulis siswa sebelum menggunakan blended learning (p=.18). Ketiga, terdapat hubungan antara blended learning dan adversity quotient terhadap hasil belajar siswa (p=.0). Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa blended learning dapat digunakan dalam belajar menulis berbahasa Inggris, tetapi untuk menunjukkan pengaruh adversity quotient diperlukan perlakuan khusus agar perbedaan dari masing-masing adversity quotient siswa dapat terlihat dengan jelas. Blended learning model memberikan waktu yang fleksibel untuk siswa dalam belajar dan meningkatkan kepuasan saat belajar karena guru dapat menyiapkan materi pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa. Penelitian ini memiliki kelemahan yaitu hanya menggunakan satu jenis text dan satu jenis blended learning. Untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti blended learning dengan jenis text yang berbeda dan tipe blended learning model yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | adversity quotient, blended learning model, students' writing achievement |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Komang Sri Mariati |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 13:11 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 13:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15708 |
Actions (login required)
View Item |