Angguni, Putu Mely (2023) PENGARUH MODEL INSTRUCTIONAL GAMES TERHADAP PENGUASAAN PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN GUGUS R.A. KARTINI KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031318-COVER.pdf Download (838kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031318-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031318-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (388kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031318-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031318-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031318-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031318-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031318-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031318-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siswa merasa bosan saat pembelajaran matematika karena model pembelajaran kurang menarik dan monoton, menyebabkan siswa tidak tertarik untuk memahami pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model instructional games pada pelajaran matematika terhadap penguasaan pengetahuan siswa kelas VI. Rancangan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan jumlah populasi penelitian ini sebanyak 385. Teknik yang digunakan pada penelitian ini cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Metode mengumpulkan data penelitian ini yaitu metode tes. Teknik menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti adanya perbedaan hasil akhir rata-rata siswa melalui pembelajaran model instructional games adalah 81,58 sedangkan rata-rata siswa dengan tidak menggunakan model instructional games adalah 58,54. Hasil belajar siswa lebih baik menggunakan model instructional games dapat dibuktikan bahwa melalui hasil analisa data statistik uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 10,105 sedangkan t-tabel dengan dk = 58 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,001. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan melalui pembelajaran model instructional games dengan tidak menggunakan model instructional games.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penguasaan Pengetahuan, Matematika, Model Instructional Games |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Mely Angguni |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 00:55 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 00:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15794 |
Actions (login required)
View Item |