Putra, I Komang Widiana (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA PADA MUATAN IPAS DI KELAS IV SD NO 1 ANGANTAKA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031274-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031274-ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031274-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (507kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031274-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031274-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031274-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031274-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031274-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031274-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa E-LKPD berbasis Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS materi sifat dan perubahan wujud benda kelas IV sekolah dasar yang valid. Jenis penelitian ini mengacu pada pengembangan ADDIE yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Impementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluasion). Subjek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran E-LKPD, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah validitas E-LKPD serta respon siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Hasil penelitian ini berupa rancang bangun media E-LKPD, kelayakan media E-LKPD, dan efektivitas penggunaan media E-LKPD. (1) Rancang bangun media E-LKPD dengan materi wujud zat dan perubahannya untuk kelas IV SD pada KD 3.1 dan 4.1. Pengaplikasian E-LKPD menggunakan perangkat handphone atau laptop yang terkoneksi dengan internet. E-LKPD ini terdiri dari dua bagian yaitu materi yang dilengkapi dengan video pembelajaran dan bagian yang terdiri dari latihan soal atau evaluasi. Hasil penilaian uji rancang bangun memperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat baik. (2) Hasil uji kelayakan E-LKPD terdiri dari uji ahli isi materi dengan skor 91% pada kualifikasi sangat baik, uji ahli media 87,5% pada kualifikasi baik, uji coba perorangan dengan skor 100% dan uji coba kelompok kecil dengan skor 93,3% dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata skor uji kelayakan sebesar 90,6% pada kualifikasi sangat baik sehingga dinyatakan layak di gunakan dalam pembelajaran. (3) Hasil Thitung uji efektifitas sebesar 20.432 > 2.00 merupakan nilai Ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk 54 dengan demikian H0 ditolak dan Ha di terima. Maka E-LKPD dinyatakan efektif di gunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV pada materi Wujud Zat dan Perubahannya mata pelajaran IPAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : E-LKPD, Project Based Learning, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Komang Widiana Putra |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:19 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15804 |
Actions (login required)
View Item |