AN ANALYSIS OF SPEECH ACTS USED BY THE SEVENTH-GRADE TEACHER OF SMPN 2 BANGLI IN EFL CLASSROOM INTERACTION

Swastiana, Ni Made Ivana (2020) AN ANALYSIS OF SPEECH ACTS USED BY THE SEVENTH-GRADE TEACHER OF SMPN 2 BANGLI IN EFL CLASSROOM INTERACTION. Masters thesis, Universities Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729081055-COVER.pdf

Download (596kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729081055-ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729081055-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ni Made Ivana Swastiana (2020), Analisis Tindak Tutur yang Digunakan oleh Guru Kelas Tujuh di SMPN 2 Bangli pada Interaksi Kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Adi Jaya Putra, M.A. dan Pembimbing II: Drs. I Wayan Suarnajaya, M.A., Ph.D. Kata-kata Kunci: Tindak Tutur, Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, Interaksi Kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis, fungsi tindak tutur yang digunakan oleh guru kelas tujuh dalam mengajar Bahasa Inggris di kelas dan tindakan perlokusi siswa kelas tujuh sebagai konsekuensi dari kekuatan ilokusi guru di SMPN 2 Bangli. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Obyek penelitian ini adalah ucapan-ucapan yang dihasilkan oleh guru Bahasa Inggris kelas tujuh di SMPN 2 Bangli selama proses belajar mengajar. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang terlibat mulai dari merancang penelitian hingga melaporkan data. Data diperoleh melalui observasi kelas dengan kamera video dan pencatatan dan wawancara semi-terstruktur. Kemudian, data ditranskripsi dalam bentuk tertulis, dipilih agar sesuai dengan tujuan penelitian, direkam ke dalam lembar data, ditafsirkan dan dianalisis dengan menggunakan teori tindak tutur Searle. Data dianalisis dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Triangulasi metodologis dan investigator digunakan untuk memeriksa kelayakan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima jenis tindak tutur yang digunakan oleh guru, yaitu representatif, direktif, ekspresif, komisif, dan deklarasi. Tindak tutur yang dominan digunakan adalah direktif (47.52%), sedangkan deklarasi adalah yang paling sedikit digunakan oleh guru (0.71%). Di antara fungsi tindak tutur direktif, fungsi memerintah muncul paling banyak (44.40%). Fungsi memberi nama dan mendeklarasikan muncul dalam jumlah yang sama dalam jenis deklarasi (50%). Selain itu, tindakan perlokusi siswa yang paling dominan adalah melakukan tindakan (83.81%). Fungsi direktif guru membuktikan perannya dalam mengelola sistem pengajaran di kelas, menasihati siswa dan pembelajaran mereka, mengajar dan menilai. Namun, sebagai wali kelas dan yang berwenang selama pelajaran Bahasa Inggris berlangsung, guru melakukan tindakan deklarasi untuk mengubah beberapa situasi di kelas. Sementara itu, sebagai tindakan perlokusi siswa yang paling dominan, melakukan tindakan berarti bahwa tindak tutur guru dapat dipahami dan ditafsirkan dengan baik oleh siswa yang menunjukkan kesadaran mereka tentang seberapa signifikan kekuatan ilokusi guru mereka dalam meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris dan karakter mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tindak Tutur, Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, Interaksi Kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Made Ivana Swastiana
Date Deposited: 28 Feb 2020 05:24
Last Modified: 28 Feb 2020 05:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item View Item