Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar ke Jenjang Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMA PGRI 1 Amlapura

Adnyani, Ni Luh Ayu (2023) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar ke Jenjang Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMA PGRI 1 Amlapura. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1917011019-COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1917011019-ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1917011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1917011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1917011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1917011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1917011019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1917011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1917011019-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat belajar ke jenjang perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA PGRI 1 Amlapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII SMA PGRI 1 Amlapura yang berjumlah 133 orang dan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket atau kuesioner, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat belajar ke jenjang perguruan tinggi yang ditunjukkan dari hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap minat belajar ke jenjang perguruan tinggi yang ditunjukkan dari hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan terdapat pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat belajar ke jenjang perguruan tinggi yang ditunjukkan dari hasil uji F dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kata kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Minat Belajar ke Jenjang Perguruan Tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Minat Belajar ke Jenjang Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: Ni Luh Ayu Adnyani
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:02
Last Modified: 12 Jul 2023 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15861

Actions (login required)

View Item View Item