PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL PANCA YADNYA UNTUK MENINGKATKAN HOTS DALAM PELAJARAN IPA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Armini, Ida Ayu Putu (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL PANCA YADNYA UNTUK MENINGKATKAN HOTS DALAM PELAJARAN IPA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041033-COVER.pdf

Download (355kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041033-ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (550kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041033-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar digital berorientasi kearifan lokal Bali untuk kelas V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian in merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli bahasa, ahli media, guru, dan siswa. Sedangkan objek penelitian adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Data diklasifikasikan menjadi dua yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Kuesioner digunakan untuk mengukur validitas dan kepraktisan bahan ajar digital. Validitas diuji oleh masing-masing 2 orang ahli yakni ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Kepraktisan bahan ajar digital dinilai oleh 8 orang guru dan 11 orang siswa kelas V SD di Gugus VIII kecamatan Mengwi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian in menunjukkan bahwa: (I) analisis uji validitas menunjukkan bahwa rata-rata keseluruhan validasi sebesar 4,69 dan berada pada interval 4,21 ≤ Rv ≤ 5,00 yang menunjukkan bahwa bahan ajar digital berada pada katagori sangat valid. (2) kepraktisan bahan ajar digital ini menunjukkan rata-rata penilaian guru terhadap kepraktisan bahan ajar digital sebesar 4,89 dan berada pada interval 4,21 ≤ Rk ≤ 5,00 yang menunjukkan bahwa bahan ajar digital berkearifan lokal berada pada kategori sangat praktis. Begitu pula penilaian siswa diperoleh sebesar 4,63 dan berada pada interval 4,21 ≤ Rk ≤ 5,00 berada pada kategori sangat praktis. (3) uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) <0,05 yang bernilai signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan bahan ajar digital berorientasi kearifan lokal Bali pada materi Panas dan Perpindahannya kelas V sekolah dasar yang sangat valid, sangat praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar digital, validitas, kepraktisan, efektifitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ida Ayu Putu Armini
Date Deposited: 11 Jul 2023 12:48
Last Modified: 11 Jul 2023 12:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15870

Actions (login required)

View Item View Item