The Development of English Language Supplementary Material Based on 4C Skills Using Canva for Second-Semester Tenth-Grade Vocational Students

Putra, Ngurah Rama Aditya (2023) The Development of English Language Supplementary Material Based on 4C Skills Using Canva for Second-Semester Tenth-Grade Vocational Students. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021060-COVER.pdf

Download (381kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021060-ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021060-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021060-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021060-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021060-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021060-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTER PUSTAKA)
1912021060-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021060-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era abad 21, proses belajar mengajar memerlukan strategi yang melibatkan siswa untuk memperoleh keterampilan yang berkelanjutan di era ini. Keterampilan 4C era abad ke-21 diterapkan dalam Kurikulum Merdeka Belajar untuk membantu siswa memperoleh keterampilan yang diperlukan di era abad ke-21 ini. Namun berdasarkan observasi awal yang dilakukan, masih terdapat kekurangan materi yang dapat mendukung proses pembelajaran yang terintegrasi dengan keterampilan 4C. Oleh karena itu, penelitian ini mengambil penelitian dan pengembangan (D&D) yang dipadukan dengan model ADDE untuk menghasilkan materi pelengkap bahasa Inggris yang terintegrasi dengan keterampilan 4C. Data dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan penilaian ahli dan pengguna. Hasilnya, produk yang dikembangkan dengan menggunakan langkah-langkah ADDE yang terstruktur dengan baik cenderung mendapatkan kriteria “Sangat Baik” dari penilaian para ahli. Berdasarkan uji coba kelompok terbatas yang dilakukan dilanjutkan dengan wawancara dan penilaian pengguna ditemukan bahwa materi tambahan Bahasa Inggris mendapat tanggapan positif dari siswa dan cenderung mendapatkan kriteria “Sangat Baik” dari penilaian pengguna. Kajian pengembangan ini terbatas pada materi pelengkap bahasa Inggris keterampilan 4C terpadu untuk kelas X jurusan DKV di tingkat SMK, berimplikasi bahwa peneliti lain atau yang akan datang dapat melakukan penelitian pada tingkat kelas, fokus keterampilan, dan jenis yang berbeda. dari bahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan 4C, D&D, ADDE, Materi Pelengkap
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ngurah Rama Aditya Putra
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:41
Last Modified: 13 Jul 2023 02:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15975

Actions (login required)

View Item View Item