PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ximenes, Elsa Natalia (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031092-COVER.pdf

Download (743kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031092-ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (651kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031092-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031092-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031092-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031092-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan melihat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika kelas IV Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini berjenis eksperimen semu (quasi – experimental) dengan rancangan nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah sepuluh (10) rombel kelas IV sekolah dasar di Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2022/2023. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Kelompok eksperimen adalah kelas IVB SD Negeri 1 Banyuasri dan kelompok kontrol adalah Kelas IV SD Negeri 3 Banyuasri. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis Matematika menggunakan metode tes uraian sebanyak 6 soal yang telah melalui uji coba instrumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Rata – rata skor posttest kelompok eksperimen senilai 90,20 dan rata – rata skor posttest kelompok kontrol senilai 52,94. Sehingga, rata – rata skor posttest kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t berbantuan IBM Statistics SPSS 20.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis diperoleh sig. (2-tailed) senilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat perbedaan rata – rata kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, sehingga h0 ditolak dan h1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan tutor sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Buleleng

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning , tutor sebaya, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Elsa Natalia Ximenes
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:04
Last Modified: 14 Jul 2023 05:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16089

Actions (login required)

View Item View Item