PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD GUGUS IV KECAMATAN ABANG KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Krisnayanti, Ni Wayan Devi (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD GUGUS IV KECAMATAN ABANG KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031313-COVER.pdf

Download (393kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031313-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031313-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031313-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031313-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031313-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031313-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031313-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031313-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativita siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent posttest only control group. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus IV Kecamatan Abang terdiri atas 7 kelas dan berjumlah 145 orang. Uji kesetaraan populasi dilakukan dengan menggunakan ANAVA A. Selanjutnya ditentukan sampel dengan teknik cluster random sampling. Data hasil kemampuan berpikir kristis siswa dikumpulkan menggunakan tes uraian dan data kreativitas siswa dikumpulkan menggunakan lembar unjuk kerja. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap kreativitas siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 3) terdapat pengaruh secara simultan model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas dengan nilai signifikansi0,000 < 0,05. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulakn bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis, Kreativitas Siswa, Muatan IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Devi Krisnayanti
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:46
Last Modified: 17 Jul 2023 00:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16130

Actions (login required)

View Item View Item