Rusmini, Ni Nyoman (2023) PENGEMBANGAN MODULA AJAR DIGITAL MATA PELAJARAN IPAS BERBASIS METODE STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
2129041049-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041049-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
2129041049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041049-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Modul ajar digital menjadi kecendrungan modul ajar masa depan. Pandemi Covid 19 yang melumpuhkan hampir seluruh lini kehidupan perekonomian dan pendidikan ikut berperan mempercepat penggunaan modul ajar digital. Siswa dipaksa untuk belajar dari rumah secara mandiri menggunakan modul ajar digital. Modul ajar digital adalah buku yang disusun secara digital yang bertujuan untuk memberi pembelajaran mandiri kepada siswa dengan atau tanpa guru mendamping. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar digital pada mata pelajaran IPAS berbasis STEAM untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima fase yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Karakteristik modul ajar digital mencakup lima bagian yaitu komponen, tampilan, materi, aktivitas pembelajaran dan sistem penelitiannya. Validisi isi menggunakan formula Gregory dengan hasil uji validitas tergolong valid, uji kelayakan materi dan media menggunakan formula LORI dengan hasil uji termasuk ke dalam kategori sangat layak. Uji kepraktisan menggunakan metode angket User Experience Questionaire (UEQ) dengan hasil uji termasuk dalam nilai excellent atau sangat baik. Uji keefektifitasan produk menggunakan asessmen berbentuk essai dengan skor rata-rata siswa 82,4 yang termasuk dalam kategori ketuntasan 90%. Pengembangan modul ajar berbentuk digital ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami mata pelajaran IPAS berbasis STEAM, meningkatkan ketercapaian siswa dalam mempraktikkan material modul berupa literasi dan numerasi melalui LKPD dan kegiatan proyek, meningkatkan kemampuan siswa dalam penggunaan modul ajar berteknologi digital secara mandiri yang mudah digunakan kapan saja,dan dimana saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Digital, IPAS, STEAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Rusmini |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 02:17 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 02:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16132 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN MODULA AJAR DIGITAL MATA PELAJARAN IPAS BERBASIS METODE STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. (deposited 14 Jul 2023 01:37)
- PENGEMBANGAN MODULA AJAR DIGITAL MATA PELAJARAN IPAS BERBASIS METODE STEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. (deposited 15 Jul 2023 02:17) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |