DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC BASED ON 21st CENTURY LEARNING METHODS FOR ASSESSING SECOND SEMESTER OF 11th GRADE SENIOR HIGH SCHOOL

Saputra, Pande Kadek Dika (2023) DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC BASED ON 21st CENTURY LEARNING METHODS FOR ASSESSING SECOND SEMESTER OF 11th GRADE SENIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912020147-COVER.pdf

Download (591kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912020147-ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912020147-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912020147-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912020147-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912020147-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912020147-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912020147-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912020147-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk membuat rubrik penilaian autentik dengan menggunakan pembelajaran berbasis Problem-Based Learning (PBL), Project-Based Learning (PjBl), and Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan desain dan pengembangan (DnD) Richey dan Klein (2007), yang memiliki empat tahapan: Analysis, Design, Development, and Evaluation, atau disbut ADDE. Peserta dalam penelitian ini adalah instruktur bahasa Inggris SMA dan siswa kelas 11. Data dikumpulkan dengan menggunakan berbagai alat, termasuk survei, wawancara, dan analisis dokumen, dan kemudian diperiksa dengan menggunakan Mixed Method. Instruksi untuk instruktur dan siswa serta metode penilaian yang tepat dimasukkan dalam rubrik yang dibuat. Berdasarkan sintak masing-masing pendekatan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, mata pelajaran, tema, metode pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran. Setelah diperiksa oleh para ahli, produk rubrik penilaian aktual ditemukan sebagai rubrik unggulan yang sesuai untuk pembelajaran bahasa Inggris. Kata Kunci: rubrik penilaian autentik, metode pembelajaran abad 21, guru dan siswa kelas 11 SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: rubrik penilaian autentik, metode pembelajaran abad 21, guru dan siswa kelas 11 SMA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Pande Kadek Dika Saputra
Date Deposited: 15 Jul 2023 14:39
Last Modified: 15 Jul 2023 14:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16150

Actions (login required)

View Item View Item