Saputrawan, I Gede (2023) PENGARUH POWERPOINT BERBENTUK APLIKASI ANDROID PADA MATERI BANGUN DATAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII KINTAMANI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1911031338-COVER.pdf Download (974kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031338-ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1911031338-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (345kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1911031338-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only until August 2023. Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1911031338-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only until August 2023. Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031338-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only until August 2023. Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1911031338-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only until August 2023. Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031338-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031338-LAMPIRAN..pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PowerPoint berbentuk aplikasi android pada materi bangun datar terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD gugus VIII Kintamani. Jenis penelitian dari penelitian ini adalah Pra Eksperimen (one-shot case studi). Penelitian dengan pendekatan eksperimen yang berusaha mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Kelas eksperimen akan mendapatkan perlakuan dalam jangka waktu tertentu. Sebelum melakukan perlakuan, kelas eksperimen akan diberikan pre-test dan setelah diberikan perlakuan akan diberikan post-test. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD di Gugus VIII Kecamatan Kintamani yang terdiri dari 5 kelas di 5 sekolah. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Dengan teknik ini hanya sebagian dari populasi dalam hal ini siswa kelas IV yang ada di sekolah dasar di gugus VIII Kecamatan Kintamani yang diteliti dengan 1 kelas untuk kelas eksperimen yang diberi perlakuan media pembelajaran PowerPoint dan 1 kelas lagi untuk kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Tes yang digunakan adalah tes berupa angket/ kuisioner yang berjumlah 20 soal. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah pengaruh penggunaan PowerPoint berbentuk aplikasi android pada materi bangun datar terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD gugus VIII Kecamatan Kintamani. Perolehan hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test motivasi belajar matematika siswa adalah 57,88 dan rata-rata post-test motivasi belajar matematika siswa adalah 62,88. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 5% sehingga 0,000 < 0,05 atau nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dibandingkan dengan 0,05). Hal ini berarti terdapat pengaruh PowerPoint berbentuk aplikasi android pada materi bangun datar terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Gugus VIII Kintamani.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media PowerPoint, Matematika, Motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Saputrawan |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 11:21 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 11:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16189 |
Actions (login required)
View Item |